Fungsi dan Tujuan Sistem Operasi (Operating System)

Baca Juga



Selamat Datang pada Web Supriet


Terima kasih sudah berkenan mengunjungi web supriet. Dapatkan informasi yang menarik pada blog ini, dan jangan lupa share dengan teman kalian apabila artikel blog ini bermanfaat. Setelah saya menyelesaikan artikel tentang bagaimana Belajar mengenal dan memahami apa itu "Sistem Operasi (Operating System)", kali ini saya akan membahas tentang Fungsi dan Tujuan Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi merupakan suatu manager bagi sumber daya, yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien. Sistem operasi juga mengatur eksekusi aplikasi dan operasi dari hardware I/O (Input/Output). Fungsi ini dikenal juga sebagai program pengendali (Control Program).


=> Dari sudut pandang pengguna, Sistem operasi merupakan alat yang bertujuan untuk mempermudah penggunaan komputer.
=> Dari sudut pandang sistem komputer, sistem operasi dapat dianggap sebagai alat yang bertujuan menempatkan sumber daya secara efisien (Resource Allocator).


Jadi dari sudut pandang tujuan sistem operasi itu sendiri, sistem operasi dapat dipandang sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan (convenient) untuk menjalankan program aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna. Tujuan lain sistem operasiialah membuat penggunaan sumber daya komputer menjadi efisien.

Sistem operasi yang baik adalah yang mampu memberikan keadaan aman dan tetap konsisten pada saat hardware dan software aplikasi berkomunikasi, juga tetap memberikan antar muka yang mudah, nyaman dan menarik bagi pengguna.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari sistem operasi "Operating System" :

  • Resource Manager
Mengalokasikan sumber daya, maksud dari sumber daya disini adalah hardware seperti memori, CPU, Printer, disk drive dan perangkat lainnya.
  • Coordinator
Menyediakan fasilitas sehingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
  • Interface
Sebagai perantara antara pengguna (user) dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat atau mudah digunakan (User Friendly). Pengguna tidak akan di khawatirkan dan di rumitkan oleh bahasa mesin atau perangkat level bawah.
  • Guardia
Menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembacaan, penulisan, eksekusi data dan program.
  • Gatekeeper
Mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah log dalam sistem.
  • Optimizer
Menjadwalkan pemasukan (input) oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaan.
  • Accountant
mengatur waktu CPU (CPU time), penggunaan memori, pemanggilan perangkat I/O (masukan/keluaran), disk storage dan waktu koneksi terminal.
  • Server
untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme akses file.


Dari beberapa fungsi diatas kita dapat menyimpulkan, bahwa Sistem operasi merupakan komponen penting dari setiap sistem komputer. Konsep sistem operasi dapat lebih mudah dipahami, jika juga memahami jenis hardware yang digunakan. Demikian pula sebaliknya. Dari sejarah diketahui bahwa sistem operasi dan hardware saling mempengaruhi dan saling melengkapi. Struktur dari sebuah sistem operasi sangat tergantung pada hardware yang pertama kali digunakan untuk mengembangkannya. Sedangkan perkembangan hardware sangat dipengaruhi dari hal-hal yang diperlukan oleh sebuah sistem operasi.

Semoga dengan sedikit informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kalian. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian saya pada artikel ini, silahkan saja tinggalkan komentar yang ada di bawah postingan ini supaya cepat di perbaikan dan bisa berguna untuk semua orang. Sampai bertemu pada postingan selanjutnya dan jangan lupa share dengan teman atau saudara kalian. Salam kenal dari admin web supriet 
Previous
Next Post »