Panduan dasar belajar microsoft word

Baca Juga

Di era seperti ini, pengguna komputer semakin meningkat dan terus berkembang sangat pesat. Salah satu program aplikasi yang sering di gunakan orang dalam kegiatan sehari-hari, seperti untuk pendidikan, perkantoran dan juga masih banyak lagi yang menggunakan aplikasi microsoft word. Dengan banyaknya pengguna microsoft word, setidaknya mengetahui tentang cara menggunakan microsoft office word dalam sebuah komputer.

Aplikasi microsoft office selalu berkembang dari versi terdahulu, mulai dari microsoft office 1997/98, microsoft office 2003, microsoft office 2007, microsoft 2010, microsoft ofice 2013, hingga microsoft office 2016.
Microsoft office merupakan salah satu program aplikasi yang di dalamnya terdapat banyak aplikasi, di antaranya seperti : microsoft word, microsoft excel, microsoft access, microsoft power point, microsoft outlook dan microsoft publisher.

Untuk menjalankan salah satu program yang ada pada microsoft office, langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu klik start kemudian pilih All Programs lalu pilih Microsoft Office, setelah itu ada banyak aplikasi dari microsoft office, kalian bisa memilih yang Microsoft Word.

 Setelah kalian memilih microsoft word, kalian akan di menemui tampilan awal dari microsoft word. Sama seperti program lainnya, menu microsoft word juga mempunyai banyak menu di dalamnya. Bagi kalian yang masih awam atau baru mengenal microsoft word, tidak ada salahnya apabila kalian mengenal menu utama pada microsoft word. Hal seperti ini pasti terkesan sangat sederhana akan tetapi kalian juga harus mengetahuinya sebelum belajar microsoft word lainnya. Di bawah ini adalah tampilan utama yang ada pada microsoft word.

Dari gambar di atas, ada banyak menu yang ada pada microsoft word, saya akan menjelaskan satu per satu tentang kegunaan menu tersebut.
  • Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan.
Untuk area kiri berisi perintah seperti :
New : untuk membuat file dokumen kosong
Open : untuk membuka file dokumen yang telah tersimpan
Save : untuk menyimpan file dokumen yang sedang aktif
Save As : untuk menyimpan file dokumen dalam format tertentu
Print : untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Publish : untuk menerbitkan dokumen yang sedang aktif ke dalam website, blog, dll
Close : untuk menutup file dokumen yang sedang di buka
Sedangkan untuk area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru di buka.

  • Tab Menu & Ribbon
Berisikan icon-icon perintah yang di gunakan dalam microsoft word, sebagian besar nanti kalian akan menggunakan tab menu untuk pengolahan teks pada microsoft word.
a). Home
 Pada bagian home merupakan menu yang paling pertama dan selalu paling aktif saat pertama kali membuka aplikasi microsoft word, sehingga bagian ini pula yang menjadi bagian paling penting dalam belajar microsoft word. Fungsi dari menu Home juga yang paling banyak di gunakan untuk tujuan pengetikan standar, seperti merubah font, ukuran tulisan, warna, mempertebal tulisan, mengatur posisi paragraf dan juga masih banyak yang lainnya.
b). Insert
Menu insert berfungsi untuk memasukkan data atau pengaturan dalam ketikan dan yang paling lazim seperti cara membuat tabel, menambah gambar, grafik, berbagai bentuk gambar otak, lingkaran, dll 
c). Page Layout
Pada menu ini, kalian tidak lagi berurusan soal belajar microsoft word pada teknik penulisannya, akan tetapi sudah masuk ke pengaturan hasil ketikanmu. Beberapa yang di lakukan adalah menentukan margin (batas tepi pengetikan di atas, samping dan bawah), mengatur spasi, menentukan ukuran kertas dan juga kolom tulisan.
 
  • Quick Access
Menu ini berisi shortcut untuk mempercepat proses penyimpanan (Save), Undo (membatalkan perintah) ataupun redo

  • Title
Memperlihatkan judul dari halaman word yang sedang aktif atau yang sedang di gunakan.

  • Document Area
Area/halaman untuk menulis teks ataupun mengedit teks.

  • Horizontal dan Vertical Scrollbar
Di gunakan untuk menggeser halaman dokumen area.

  • Status Bar
Sesuai dengan namanya, untuk mengetahui status yang sedang aktif seperti status halaman, jumlah kata, ejaan, dll.

Dari beberapa penejelasan yang saya sampaikan seputar microsoft word, semoga bisa di mengerti bagi yang sedang belajar microsoft word. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian saya pada artikel ini, silahkan saja kalian tinggalkan komentar yang ada di bawah artikel ini, supaya cepat di perbaiki dan bisa berguna bagi yang membaca artikel ini. Sampai bertemu kembali pada postingan selanjutnya di web supriet.
Previous
Next Post »